Membuat Paspor Kini Bisa Secara Online


Paspor merupakan dokumen resmi yang wajib dimiliki oleh siapa saja yang hendak bepergian ke luar negeri. Sebab paspor menjadi identitas pengenal yang diakui internasional saat seseorang berada di negara asing. Pada paspor terdapat informasi mengenai negara asal pemegang paspor, antara lain nama lengkap, tempat dan tanggal lahir, foto, tanda tangan, serta informasi penting lainnya. Tanpa paspor, seseorang tak akan diperbolehkan untuk melewati bagian imigrasi saat keberangkatan ataupun kedatangan di bandara, sehingga tak mungkin pula untuk naik ke pesawat.

Untuk membuat paspor, dulu orang harus datang mengunjungi kantor imigrasi terdekat serta mengajukan aplikasi disana. Namun saat ini, proses pembuatan paspor juga bisa dilakukan secara online. Proses pembuatan paspor lebih dipersingkat dan menjadi lebih praktis. Tidak lagi perlu mengantri panjang di kantor imigrasi seperti dulu.

Meskipun tetap ada prosedur fisik yang meliputi verifikasi berkas, wawancara, pengambilan sidik jari serta pengambilan foto dalam pembuatan paspor tersebut, namun melalui mekanisme membuat paspor secara online, orang lebih mudah mengatur jadwal kapan mengurusnya tanpa harus mengorbankan banyak waktu saat beraktivitas. Adapun cara membuat paspor online sangatlah mudah. Cukup menginstall aplikasi di smartphone, mengatur jadwal antrian, dan kemudian datang ke kantor imigrasi sesuai jadwal untuk mengurus prosedur fisik sebagaimana disebutkan di atas.

Baca juga : Manfaat Memasang Cover pada Jok Mobil

Aplikasi membuat paspor secara online ini tak hanya bagi pembuatan paspor baru, namun juga bagi perpanjangan masa berlaku paspor. Namun jangan salah, mekanisme paspor online di sini tidak sama dengan e-paspor (elektronik paspor). Yang dimaksud membuat paspor online adalah prosedur pembuatan paspor yang dilakukan melalui mekanisme online, sedangkan e-paspor merupakan jenis paspor yang mempunyai data biometrik yang disimpan dalam bentuk chip pada paspor tersebut. Jadi, e-paspor menunjuk pada jenis paspor, sedang paspor online adalah mekanisme pembuatan paspor yang dilakukan melalui jalur dalam jaringan.

Comments

Popular posts from this blog

3 Tempat Wisata di Semarang Hits dan Instagramable

Flora dan Fauna di Taman Nasional Kelimutu